VIDEO TUTORIAL KAMU PASTI BISA CODEIGNITER KURANG DARI 1 JAM

Video Tutorial Codeigniter – Menurut sitepoint.com Codeigniter adalah salah satu framework yang banyak diminati khususnya di indonesia, hal ini dikarenakan banyak software di indonesia yang dikembangkan menggunakan codeigniter jadi para vendor tetap mencari developer yang menguasai codeigniter untuk terus mengembangkan atau memelihara software buatan mereka.

Pada video tutorial codeigniter untuk pemula ini saya akan bagi menjadi 6 topi pembahasan sesuai dengan fungsi nya yaitu  :

  1. Instalasi dan konfigurasi codeigniter
  2. Konsep MVC
  3. Menampilkan data ke view
  4. Insert Data Ke database
  5. Update data
  6. Delete data dan penutup.

Contoh scriptnya juga akan saya lampirkan tapi untuk penjelasan scriptnya silahkan menonton video di atas nya. untuk hasil maximal silahkan pilih kualitas HD untuk resolusi video lebih bagus dan jelas.

Bagian 1 – instalasi dan konfigurasi

Pada bagian ini saya akan paparkan apa itu codeigniter, dimana kita bisa mendapatkan codeigniter serta bagaimana proses instalasi dan configurasi framework codeigniter.

Langkah yang pertama kali kita lakukan adalah mendownload codeigniter versi terbaru pada situs resmi codeigniter.com. setelah itu mengextrack source code tersebut dan mengubah nama nya menjadi latihan_ci lau pindahkan ke folder htdocs.

Untuk mencoba apakah proses instalasi berhasil atau tidak silahkan akses URL http://localhost/latihan_ci/.  jika berhasil maka akan tampil welcome to codeigniter

welcome-codeigniter

Langkah Selanjutnya adalah konfigurasi, codeigniter adalah salah satu framework yang minim konfigurasi. sekarang kita akan melakukan konfigurasi dasar codeigniter. silahkan buka file config.php yang ada pada  folder application/config dan setting sesuai dengan konfigurasi diabwah ini :

selanjutnya kita akan memberitahukan codeigniter library apa saja yang kita butuhkan selama proses development. konfigurasi ini terdapat pada file autoload.php yang ada folder application/config. silahkan ikuti setting berikut untuk keperluan belajar sekarang ini :

karna kita memanggil library database maka pastingan settingan konfigurasi databasenya sudah anda isikan dengan benar sesuai dengan settingan di web server. konfigurasi database pada framework codeigniter bisa anda temukan pada file database.php yang ada di dalam folder application/config.

Langkah selanjutnya adalah membuat database baru dengan nama latihan_ci dan isikan script berikut untuk membuat struktur tabel dan meng insert beberapa record yang dibutuhkan.

Bagian 2 – Mengenal Konsep MVC

MVC adalah singkatan dari model – view -controller , dimana aturan logika dan tampilan dipisah.

Model biasanya digunakan untuk hal hal yang bersifat interaksi dengan database. sedangkan view digunakan untuk menampilkan data kepada client dan controller menjadi penghubung antara model dan controller. cara kerja MVC lebih detail saya padas pada video dibawah ini.

https://youtu.be/h9oaU2PcJoM?list=PLkRYFqE3XEVeKxTvSdZZj8sEvtJN1g4Yr

Bagian 3 – Menampilkan Data Ke View

Pada bagian ini saya akan paparkan bagaimana cara nya manampilkan data di view, termasuk teknik passing data dari view ke controller.

https://youtu.be/ZKZXRdPR90o?list=PLkRYFqE3XEVeKxTvSdZZj8sEvtJN1g4Yr

Karna kita akan berinterkasi dengan databse maka langkah pertama kita lakukan adalah membuat model yang disimpan pada folder application/model, silahkan buat file baru dengan nama Model_barang.php lalu ketikkan script berikut :

Setelah selesai membuat model maka langkah selanjutnya kita akan membuat controller yang akan menghubungkan antara model dan view nantinya, file tersebut akan disimpan di dalam folder application/controller. buatlah sebuah controller baru dengan nama Barang.php  dan tulislah script berikut

Sekarang model dan controller selesai, langkah terakhir adalah membuat view atau tampilan yang akan ditampilkan kepada pengunjung, file view ini disimpan dalam folder application/view. lalu buatlah sebuah view dengan nama list_barang.php dan tulislah script berikut

sampai pada tahap ini, program kita akan mempunyai tampilan seperti ini :

view_barang

Bagian 4-  Insert Data Ke Database

Pada bagian ini saya akan paparkan salah satu proses DML pada database , lebih spesifiknya proses meng insert data/ record ke database.

https://youtu.be/TpdV5h0lPu0?list=PLkRYFqE3XEVeKxTvSdZZj8sEvtJN1g4Yr

Untuk proses ini kita akan membutuhkan 2 function pada controller, function pertama kita beri nama input, tugasnya adalah untuk memanggil view form input barang.

function kedua akan kita beri nama input_simpan, tugasnya adalah menyimpan data yang di input oleh users, script lengkap untuk kedua function ini bisa anda lihat dibawah ini :

Kita akan lanjutkan membuat viewnya sekarang, buatlah sebuah view baru dengan nama input_barang.php dan simpan di dalam folder view, lalu ketikan script dibawah ini :

sampai pada proses ini maka tampilan dari aplikasi kita akan menjadi seperti ini

form-input-barang

Bagian 5 – Update Data

Pada bagian ke 5 ini saya akan paparkan bagaimana proses meng retrive data dari database serta proses update yang dilakukan untuk mengubah record yang ada.

Cara kerja pada proses ini adalah users memlih barang mana yang ingin di edit, lalu muncul form yang didalahnya sudah ada data barang yang akan di edit sesuai dengan barang yang dipilih tadi.

Untuk meng implementasikan hal tersebut kita butuh 2 function lagi pada controller barang seperti pada proses input data, function yang pertama kita beri nama edit yang bertugas memanggil form edit dan menampilkan data barang yang di edit sesuai dengan barang yang dipilih

Function kedua kita beri nama edit_simpan, function ini bertugas menyimpan hasil perubahan data barang ke database. untuk script lengkapnya silahkan lihat dibawah ini :

Langkah yang terkahir pada proses ini adalah membuat view nya, buatlah sebuah file baru dengan nama edit_barang.php dan tulislah script berikut ini :

sampai pada tahap ini tampilan dari program kita akan jadi seperti ini :

form-edit-barang

Bagian 6 – Delete Data Dan Penutup

Pada bagian terakhir ini saya akan jelaskan bagaimana proses menghapus data dari database sekaligus menjadi penutup pada tutorial ini.

https://youtu.be/3Nx-oNdrjV8?list=PLkRYFqE3XEVeKxTvSdZZj8sEvtJN1g4Yr

untuk menghapus data cukup dibutuhkan satu function pada controller, function tersebut kita beri nama delete. untuk scriptnya seperti dibawah ini :

Masih banyak lagi materi yang akan kita pelajari di lain kesempatan, jadi pantegin terus web ini agar kamu dapat tutorial terbaru dari kami. jika kamu ingin file video Tutorial Codeigniter 3  yang bisa kamu nonton offline maka silahkan isi email kamu pada form dibawah ini, kami akan mengirimkan link ke email kamu.

Source : https://belajarphp.net/video-tutorial-codeigniter/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s