Motor Tidak Mulia, Tak Perlu Jalur Khusus

Sepeda motor tidak perlu jalur khusus. Karena kendaraan beroda dua ini dinilai sarat risiko dan ‘egois’.

“Lajur khusus sepeda motor, apakah mereka perlu dimuliakan? Sepeda motor itu membawa masalah. Kalau angkutan kota atau bus dibuatkan jalur khusus karena dia membawa solusi,” ujar Koordinator Forum Keselamatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Heru Sutomo kepada detikcom, Jumat (13/2/2009).

Menurutnya, pemberian lajur khusus bus seperti busway, karena kendaraan itu bersifat mulia. Karena mengangkut banyak orang, bersih lingkungan dan hemat energi. Karena itulah bus diberi penghargaan khusus karena mengutamakan kepentingan umum dan lebih menguntungkan.

“Kalau sepeda motor okelah masyarakat kecil bisa terima manfaat. Tapi itu jadi macet, korban kecelakaan yang luar bisa mahalnya, polusi yang tidak kecil dari dia, sebetulnya sepeda motor is a problem,” ujarnya.

Sepeda motor, menurut dia, juga kendaraan yang tidak terproteksi dibanding mobil, bila ada kecelakaan. Kendaraan ini juga dinilai bersifat egois dibanding sepeda.

“Kalau ditambah jalan, tambah kenceng jalannya. Sepeda motor semua, jadi sirkuit nanti. Itu malah mencelakakan mereka. Begitu lepas dari macet langsung memacu kecepatan tinggi. Kalau sepeda kan bisa bertegur sapa, lebih manusiawi,” ujar dia.

Heru lebih mendukung jika ada lajur khusus sepeda karena sifat sepeda itu ramah lingkungan dan sehat. Seperti di bicycle track di 7 kampus di Yogyakarta atau seperti kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok.

“Jakarta juga bisa. Seperti di Thamrin, diletakkan di atas trotoar, maksimal butuh 1,5 meter jalur sepeda,” ujarnya.

Jadi sepeda motor pun tidak perlu jalur khusus. “Cukup jalur lambat saja,” tutur Kepala Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. (nwk/nrl)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/02/13/123021/1084430/10/motor-tidak-mulia-tak-perlu-jalur-khusus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s