Enyah Kau Pishing dari Twitterku!

Selepas kasus bobolnya account Twitter Obama dan beberapa tokoh terkenal lain, Twitter mengeluarkan nasihatnya. Nasihat ini berlaku juga untuk pengguna layanan lain.

Nasihat Twitter ini terkait dengan adanya aksi phishing yang mengintai pengguna layanan microblogging tersebut. Berikut adalah rangkuman nasihat tersebut yang dikutip detikINET dari blog.twitter.com, Rabu (7/1/2009).

Apa itu pishing?

Menurut situs ensiklopedi Wikipedia, pishing adalah salah satu bentuk kriminalitas ketika pelaku mengincar informasi-informasi sensitif seperti username, password, dan nomor kartu kredit dari alat komunikasi elektronik, lewat penyamaran sumber yang seakan-akan terpercaya, misalnya situs palsu.

Cara kerja pishing awalnya dengan mengirimkan email berisi notifikasi pada penggunanya. Email tersebut menyediakan link yang jika diklik akan mengarahkan pengguna pada halaman yang seakan-akan adalah halaman utama Twitter.

Bagaimana Mencegahnya?

Jika terlanjur mengklik dan tiba di situs Twitter bohongan itu, jangan buru-buru memasukkan username Anda sebelum melihat URL-nya. Perhatikan alamat yang tertera di dalam Address Box pada bagian atas browser.

Jika URL tersebut memiliki domain di luar twitter, namun tampilannya sangat mirip dengan twitter aslinya, lebih baik Anda tidak melakukan sign in.

Kalau Terlanjur Kena?

Bagi yang sudah kena pishing, yaitu mereka yang sudah memberikan passwordnya di situs palsu tersebut, pelaku akan dengan mudahnya membuat pesan-pesan yang bisa mengecoh para follower. Hal ini sama dengan yang terjadi pada Obama, Britney Spears dan tokoh lainnya. Dalam kasus seperti itu, Twitter akan proaktif mereset password.

Nah, bila suatu saat Anda gagal login ke layanan Twitter –atau lainnya– padahal Anda yakin seyakin-yakinnya kalau username dan password sudah sesuai, gunakanlah layanan reset password. Pengelola biasanya akan mengirimkan e-mail balasan untuk memulihkan password tersebut.
( wsh / wsh )

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2009/01/07/153109/1064552/510/enyah-kau-pishing-dari-twitterku!

Santi Dwi Jayanti – detikinet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s