Nasib KA kita

krlGara-gara semalem (26/11) ngelihat tayangan di Elshinta TV yang nayangin tentang suka duka perjalanan dan kondisi gerbong KA Rangkasbitung-Tanah Abang yang rusak parah ples nestapa.

Bicara perkeretaapian, saya sedikit banyak nggak asing lagi. Di depan gang rumah saya di Bukit Duri-Tebet terbentang kokoh Rel KA antara Stasiun Tebet dan Stasiun tua Manggarai. Dulu, masih jaman satu rel sebelum tahun 1990, tanah wilayah PJKA (sekarang PT.KAI) masih banyak ditumbuhi ilalang. Tempat bermain saya bersama teman-teman untuk mencari capung.

Sekarang pemandangan yang biasa terlihat pas ngelihat KRL Jakarta-Bogor yang sudah dua jalur dan sering lewat mondar-mandir adalah semrawut. Penumpang nangkring diatas gerbong tiap pagi, sampah berserakan di got-got dan mampet kalo ada hujan deras. Namun kemajuannya adalah frekuensi perjalanan yang kian sering sekarang. Ironisnya di koran2 banyak terdengar bahwa manajemen PT KAI selalu rugi tiap tahun.

Semalam, di Elshinta TV itu juga diliput bagaimana jalur Bogor-Sukabumi telah mati. Jalur peninggalan Belanda yang katanya penjajah itu semakin terbengkalai di jaman merdeka (kok bisa ya). Apakah pemerintah kita mismanagement, tidak bisa atur pemasukan dan pengeluaran belanja untuk infrastruktur publik agar semakin maju.

Semakin lama BUMN perkeretaapian kita semakin terpuruk, hanya Ahmad Sujadi (Kadiv Humas KAI) aja yang selalu ngetop wara-wiri di media dengan senyum khasnya itu yang selalu ditanyai tentang jasa KA ke masyarakat oleh wartawan. Saya ingat waktu KAI berbenah karena kehadiran Busway tahun 2004 dengan pemberantasan pedagang kaki lima di stasiun2 jalur Kota-Bogor, sekarang mungkin kembali lagi tuh pedagang.

Cukup sekian dulu, besok2 disambung dengan tulisan all about Kereta Api, khususnya KRL.

Sumber : http://bayurimbiasmoro.blogdetik.com/2008/11/27/nasib-ka-kita/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s