Takut Memberontak, Dibuat Penangkal Serangan Robot


London – Seiring kian canggihnya teknologi robot, skenario bahwa robot bakal memberontak dan menyerang manusia seperti dalam film-film ditakutkan bakal terjadi. Terinspirasi oleh hal ini, sebuah perusahaan di Inggris membesut proyek senjata anti robot untuk mengantisipasi kemungkinan itu.

Perusahaan inovasi teknologi bernama Rainmakers itu membentuk anak usaha bernama WAR Defence (Weapons Against Robots) yang khusus membesut senjata anti robot. Ben Way, miliarder muda yang memimpin Rainmakers mencium peluang bisnis berkenaan dengan kemungkinan para robot bakal membahayakan manusia di masa datang. 

“Pemakaian robot di dunia militer makin meningkat. Meski keputusan untuk melakukan penyerangan masih berada di tangan manusia, namun suatu saat, keputusan semacam itu juga akan dibuat bersama dengan robot,” tandas Way seperti dilansir The Register dan dikutipdetikINET, Jumat (19/9/2008).

Way menambahkan bahwa dalam waktu 15 tahun ke depan, robot akan jamak ditemui di rumah-rumah penduduk untuk berbagai keperluan. Dan dalam 30 tahun mendatang, ia memprediksi bahwa robot bakal punya kemampuan fisik yang sama seperti manusia.

Maka, terdapat risiko besar jika misalnya komputer yang mengendalikan robot mengalami kerusakan sehingga robot dapat membahayakan keamanan manusia. Way pun bertukas bahwa manusia perlu mempunyai kontrol penuh atas robot.

Rencananya, perusahaan WAR Defence tersebut bakal membesut beragam senjata untuk mempertahankan diri dari serangan robot. Namanya misalnya “Autonomous-Against-Autonomous”, “Biological-Against-Autonomous” sampai sistem deteksi robot.

Langkah Way untuk memproduksi perangkat pertahanan manusia dari ancaman serangan robot ini didukung akademisi Sheffield University, profesor Noel Sharkey. Ia menyatakan, apa yang dilakukan Way merupakan langkah nyata untuk mengantisipasi ancaman robot di waktu mendatang. Ya, siapa tahu?

Sumber : Fino Yurio Kristo – detikinet; http://www.detikinet.com/read/2008/09/19/133704/1008949/398/takut-memberontak-dibuat-penangkal-serangan-robot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s