Naikkan Tarif, Blue Bird Pede Pelanggannya Tak Pindah

 

‘Penguasa’ bisnis taksi di Jakarta dan sekitarnya, Blue Bird, menaikkan tarifnya per 15 September 2008. Pihak Blue Bird yakin kenaikan tarif sebesar 20% ini tak akan membuat pelanggannya berpaling ke armada taksi lainnya.

“Sejak tahun 2000 kita sudah beberapa kali menaikkan tarif. Memang ada yang akhirnya pindah (armada taksi) tapi tidak banyak,” ujar Humas Blue Bird Teguh Wijayanto kepada detikcom, Selasa (16/9/2008).

Teguh menjelaskan sosialisasi kenaikan tarif ini sudah dilakukan jauh-jauh hari, sehingga penumpang tidak terkejut. Hal ini terpaksa dilakukan karena kenaikan BBM.

“Kami berusaha menjaga kualitas pelayanan sehingga terpaksa menaikkan tarif,” ungkapnya.

Untuk bersaing dengan kompetitor yang mematok tarif lebih murah Blue Bird berjanji akan meningkatkan standar layanan yang menjadi andalannya. “Kita pertahankan 4 poin yaitu aman, nyaman, mudah diakses dan personalize,” jelasnya.

Pihak Blue Bird juga mengaku setelah satu hari menaikkan tarif, belum ada pelanggan yang komplain.

Tarif baru Blue Bird yang baru adalah Rp 6.000 sebagai tarif buka pintu (flag fall), dan Rp 3.000 per kilometernya. Sebelumnya Rp 5.000 untuk tarif buka pintu dan Rp 2.500 per kilometernya.

Tarif taksi mewah Silver Bird pun mengalami kenaikan dari Rp 7.500 sebagai tarif buka pintu dari sebelumnya Rp 6.900 dan tarif per kilometernya menjadi Rp 4.500 dari sebelumnya Rp 3.700.     

Dengan demikian, di pasaran saat ini ada 3 tarif. Pertama, tarif yang dipakai Blue Bird. Kedua, ‘tarif bawah’ yaitu Rp 5.000 per buka pintu dan ‘tarif lama’ Rp 4.000 per buka pintu. Namun dengan adanya kenaikan tarif Blue Bird, besar kemungkinan ‘tarif lama’ akan segera disesuikan menjadi ‘tarif bawah’. (rdf/nrl)

Ramadhian Fadillah – detikNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s