Jaringan Listrik di AS Rentan Serangan Cracker

Fino Yurio Kristo – detikinet


Ilustrasi (flickr)

Washington – Ancaman serangan cyber bisa membuat kota di Amerika Serikat (AS) gelap gulita. Pasalnya, perusahaan sumber daya listrik terbesar AS, Tennessee Valley Authority (TVA) punya risiko besar dihantam serangan cyber dan membuat jutaan pelanggannya hidup dalam kegelapan.

Menurut investigasi Government Acountability Office (GAO), TVA yang mensuplai listrik pada sekitar 9 juta orang Amerika ini tidak cukup baik tingkat keamanan sistim komputernya untuk melindungi infrastruktur.

Akibatnya seperti dikutip detikINET dari CNN, Jumat (23/5/2008), cracker dengkotan dapat menjebol sistim dan terjadilah mati listrik massal yang bisa menimbulkan kericuhan. Jaringan komputer di TVA yang terkoneksi internet memang terhubung dengan sistim yang dipakai untuk mengendalikan produksi daya.

Laporan ini pun menimbulkan kekhawatiran karena jika sistim listrik terbesar saja tak mendapat perlindungan memadai, maka infrastruktur listrik lain keadaannya bisa jadi lebih memprihatinkan.

TVA mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir, air dan fasilitas sumber daya di selatan AS. Di antara temuan celah keamanan tersebut adalah password yang tidak efektif ataupun server tidak punya anti virus memadai.

GAO pun merekomendasikan 73 langkah untuk memperbaiki celah keamanan tersebut yang akan segera disampaikan pada lembaga Konggres AS.

Serangan cyber yang mampu menghantam sumber daya sudah sejak lama menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Beberapa waktu lalu, lembaga intelijen AS — CIA — juga sudah memperingatkan bahwa penjahat online bisa melumpuhkan listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s